Senin, 18 Januari 2016

Teknologi Sensor Mata The Eye Tribe

Waktu demi waktu lingkaran teknologi dunia terus melahirkan produk-produk baru baik software maupun hardware yang makin canggih sehingga memudahkan semua manusia dalam melakukan pekerjaan. Yang telah kita ketahui bahwa pada awal kita menggunakan handphone menggunakan sistem keypad yang kemudian beralih menjadi QWERTY, dan kini kita bisa menikmati yang namanya touchscreen atau yang biasa kita sebut dengan sistem layar sentuh. Dengan satu sentuhan saja pada layar smartphone kita sudah bisa mengakses apapun yang ada didalam gadget tersebut yang makin memudahkan kita untuk melakukan suatu pekerjaan.

Kini telah lahir lagi teknologi terbaru yang bernama The Eye Tribe, yaitu sebuah sensor yang melacak mata melalui gerakan pupil yang ditemukan oleh mahasiswa PhD dari Universitas Copenhagen dengan temuan pertama yang dinamai Submilimeter Pupil Tracking. The Eye Tribe menggunakan sensor infrared/inframerah yang menangkap gerakan pupil mata kita yang kemudian dapat mengontrol sebuah perangkat dengan akurat dan tepat yang berasal dari algoritma khusus pada The Eye Tribe. Teknologi ini didesain agar memiliki kecepatan melebihi jari yang faktanya memang pupil memiliki keakuratan yang sama dengan sidik jari/finger print.


Produk ini telah dipasang di tablet pc tepatnya dibawah tablet pc menggunakan sensor infrared atau yang biasa kita sebut dengan inframerah. Lalu kita mengkalibrasikan mata kita pada ikon yang bergerak, setelah selesai barulah kita bisa menggunakan eye tribe dengan lancar.


Gambar1.1 Alat Sensor Mata The Eye Tribe

Menurut saya di era yang sudah maju ini dimana setiap waktunya teknologi baru terus dilahirkan, teknologi eye tribe ini membuktikan bahwa manusia dapat terus berkarya membuat produk teknologi yang semakin canggih. Sehingga gadget yang kita gunakan akan dengan mudahnya kita aplikasikan menggunakan teknologi eye tribe tersebut.
Manfaat dari teknologi ini yang dapat dirasakan adalah ketika ingin mengakses aplikasi yang terdapat pada gadget yang kita miliki, kita hanya perlu menggerakan mata kita hanya sekejap dan bagi kalangan penggemar game, teknologi ini sangat memudahkan mereka dalam memainkan game tersebut, contohnya saat bermain Fruit Ninja.

Sumber :
http://infounik-pintar.blogspot.com/2013/09/10-penemuan-teknologi-tercanggih-tahun.html

http://www.apakabardunia.com/2013/04/teknologi-gerakan-mata-pengganti-layar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar